Librarian Serve People Not Books

Visitor

wordpress blog stats

Polls

Sorry, there are no polls available at the moment.

 

Selamatkan Bumi Melalui Konstruksi Hijau, Perencanaan, Pengadaan, Konstruksi & Operasi
Dipublikasi: December 6, 2012 - Kategori: Koleksi Baru

Pengarang: Wulfram I. Ervianto

Di bab awal dipaparkan situasi lingkungan global dan lokal yang mulai memprihatinkan, yang dapat mengancam kelangsungan kehidupan di bumi. Sumber penyebab terjadinya ketidakharmonisan antara alam dan makhluk hidup dan mulai dikenalkan konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Selanjutnya pembahasan tentang konsep konstruksi berkelanjutan (sustainable construction) yang dianggap penting dalam mengelola seluruh proyek konstruksi di bumi agar terjadi keseimbangan antara lingkungan dan aktivitas konstruksi. Di tingkat praktis implementasi dipaparkan pengelolaan proyek yang ramah lingkungan (green project) diawali tahap perencanaan proses konstruksi hijau, material hijau (green material), pengadaan material yang ramah lingkungan (green procurement), dan aktivitas pekerjaan dalam proses konstruksi hijau (green construction). Dalam bab ini dipaparkan secara jelas aspek penting yang harus ada apabila proses konstruksi ingin disebut dengan konstruksi hijau. Sampai dengan saat ini konstruksi hijau belum terdefinisi dengan jelas. Oleh karenanya penulis memaparkan secara komprehensif agar pengetahuan dan pemahaman tentang hal ini dapat meluas pada tingkat perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah, konsultan struktur dan arsitektur, kontraktor, regulator dalam hal ini pemerintah.

Buku ini dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa teknik sipil, teknik arsitektur, teknik lingkungan, konsultan arsitek, konsultan struktur, kontraktor, produsen material konstruksi, regulator, organisasi sistem rating bangunan hijau dan organisasi pecinta lingkungan.